Gulai Ayam

Kalo kamu suka ke restoran padang pasti suka lihat kan gulai ayamnya beuuuhh bikin iler menetes satu per satu, detik demi detik. Tapi daripada ngeces mending coba bikin sendiri. Bikin gulai itu ternyata ga terlalu susah loh. Ciyus… Aku aja yang sedikit tampan BISA apalagi kamu yang JELEK! Yang penting harus sabar seperti para cabe-cabean sabar menghadapi masa depan mereka yang suram. Kuncinya bikin gulai ada di jumlah cabainya yang banyak sehingga menjadi berwarna lebih merah.

gulaiayam01

Bahan Utama
1 ekor ayam potong

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih
7 buah bawang merah
½ sdt lada halus
2 sdt ketumbar
½ gelas air asam jawa
10 buah cabai merah besar (atau 15 buah cabai merah keriting.. tergantung harga cabe lha)
4 buah cabe rawit merah
2 cm kunyit
2 sdt garam
1 buah biji pala

Bumbu lainnya :
5 cm kayu manis (memarkan)
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 cm lengkuas (memarkan)
750 ml santan encer
250 santan kental
Cara membuat :

Sebelum nyalain kompor. Mohon haluskan semua bumbu-bumbu yang kudu dihaluskan seperti daftarnya ada di atas. Nah untuk cabe sendiri nih ada sedikit tips. Cabe merah besar sebaiknya direbus terlebih dahulu sebelum dihaluskan biar lebih mudah untuk dihaluskan (terutama yang pake food processor). Jumlah cabe itu menentukan tingkat kemerahan gulai kita nanti. Semakin banyak akan semakin meraaahh.. Aku tahu sih cabe itu mahal sekarang, tapi kalo dirasa kemahalan, bisa dipake alternatif lain yakni cabe-cabean. Harga cabe-cabean lebih murah loh daripada cabe keriting. Kalo cabe keriting 70rb sekilo, cabe-cabean 100rb dpt yang berapa kilo?? hayooo.. hahahaha…

gulaiayam04

Nyalakan kompor dengan tingkat panas api sedang dan siapkan wajan dengan sedikit minyak untuk menumis. Tumis bumbu halus hingga berwarna lebih gelap. Jangan takut dengan gelap, karena hanya malam gelap kita bisa ngelihat indahnya bintang #APAANSIH. Tumis sampe harum lha pokoke lalu masukkan kayu manis, daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Nah, tumis hingga semakin harum. Perlu diingat, seharum-harumnya tumisan bumbu-bumbu jangan dipeperin ke badan. It isn’t a perfume. Apalagi dipake buat cebok. Itu panas kawan.. trust me!

gulaiayam04a

Setelah itu masukkan santan pintar… kenapa saya sebut santan pintar? otak encer aja disebut pintar, jangan diskriminasi dong. Kita sebut aja dia santan pintar karena dia encer #NGASAL. Lalu masak hingga mendidih dan munculnya buih-buih blebek blebek blebek.

gulaiayam05

Setelah mendidih, masukkan jenazah ayam yang telah dimutilasi dan tunggu hingga air di wajan sedikit surut . Kebalikan dari gombalan “walaupun malem sudah larut, tapi percayalah cinta kamu ke kamu tidak pernah surut sedikitpun” nunggu air surut di wajan itu ga kayak digombalin… Walau LAAAAMMMMAAA tapi surut kok sedikit demi sedikit dan bikin hayati lelah. Dan kenapa ayamnya harus dimasukkin pas mendidih? Karena daging ayam itu rentan hancur kalau terlalu matang? Dia seperti gadis yang hatinya mudah rapuh. Setelah aernya menyusut abis itu masukkan santan kental. Santan kental ini akan memberikan masakan menjadi ajaib karena dia sumber akan berubah menjadi minyak yang berkilau-kilau di gulai. yeaaahhh

gulaiayam06

gulaiayam07

Lalu tunggu aja tuh masakan gulai hingga makin dan makin dan terus dan terus menyusut hingga mengeluarkan minyak dan berwarna lebih merah. Kalo udah begitu tandanya… GULAI AYAM sudah SIAAAPP buat dimakan!

 

gulaiayam09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s