Rendang Sapi

Rendang memang merupakan makanan yang aslinya dari Sumatera Barat. Tapi makanannya ini udah luas melanglang buana seAntero Nusantara, jadi mau apapun sukunya pasti tahu rendang. Bahkan aku yang notabene orang jawa, demen banget muakan rendang kalo beli nasi padang. Istilahnya rendang itu udah jadi trademark makanan kebanggaan nasional. Apalagi kalau lagi Lebaran, beuuhhh… hampir tiap keluarga masak rendang kayaknya. Sampe bikin kolesterol dan lemak meningkat tajam setelah hari raya. Makanya sebelum idul fitri pastikan BPJS atau asuransi kesehatan lainnya aman-aman saja!

Memasak rendang membutuhkan usaha yang ekstra keras karena dimasak dengan panas api sedang atau tidak terlalu besar dan waktunya sangat lamaaaaa. Masak rendang pun bikin tangan pegel. Ketika memasak rendang, jika air di wajan sudah mulai menyusut, kita harus selalu mengaduknya hingga makin dan makin dan teruuuuus menyusut. Kalau tidak diaduk, bagian bawahnya bisa gosong. Itulah yang bikin masak rendang bikin otot trisep bisep jadi bak  ototnya Ade Rai. Buat yang begeng nan ga punya duit buat fitnes, cocok banget nih bikin rendang atau bantuin emak di rumah pas sesi ngaduk sama makannya!!

Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat rendang (bukan promosi merk tapi yang dijual kebetulan aja ada itu)

rendang03
Bahan wajib :
500 gr daging sapi yang dipotong ukuran sedang
500 ml santan dengan konsentrasi sedang (100ml santan siap saji + 400ml air)
500 ml santan dengan konsentrasi kental

rendang01

Bumbu yang dihaluskan :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 buah cabe merah besar, buang bijinya, rebus sbntar
6 buah cabe rawit merah
2 cm kunyit (opsional, karena ada yang bilang kunyit tidak dipakai nanti warna rendang tidak merah malah jadi merah ke-oren-orenan, yang pasti kunyit jangan banyak-banyak)
1 ruas lengkuas
2 cm jahe
4 butir kemiri
1/2 sdt biji pala bubuk
1/2 sdm ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan sangrai

rendang02
Bumbu Pelengkap :
5 cm kayumanis (opsional, ada juga beberapa orang yang tidak memakainya. Tapi saya sendiri memakainya karena biar menambah aroma)
4 lembar daun jeruk
2 batang sereh (dipotong-potong)
3 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
1 sdm gula palem (atau gula jawa)
2 blok kaldu sapi maggie
1/2 sdm garam (atau sesuai selera)

 

 

Cara memasaknya
Gunakan Wajan Anti lengket karena sifat santan yang akan sangat lengket jika kering akan sangat menyulitkan untuk mengaduknya. Tapi kalo mau sekalian masak plus fitnes, pake wajan biasa jadi pilihan oke tuh. Sekalian ngaduk-ngaduk, sekalian pamer otot berasa angkat barbel. Haluskan semua bumbu hingga benar-benar halus, sehalus paha barbie. Lalu tumis dalam wajan anti lengket. Setelah itu masukkan daun jeruk, daun salam, sereh, daun kunyit, dan kayumanis kedalam tumisan bumbu hingga bumbu menjadi harum dan berwarna lebih gelap seperti gelapnya masa depan para jomblo.

 

rendang06
Masukan potongan daging kedalam tumisan bumbu lalu aduk rata hingga daging berubah warna serta mengeluarkan kaldu. Inget ya yang dikeluarin daging yang dimasak itu KALDU bukan duit… yang ngeluarin duit itu BANK INDONESIA bukan DIMAS KANJENG TAAT PRIBADI! Lho…
Masukkan santan dengan konsentrasi sedang ke dalam tumisan bumbu hingga mendidih. Kalo belom mendidih, bikin dia cemburu aja!!! selingkuhi dia, biar dia ‘mendidih’!!! Kalo belom mendidih juga, mungkin si rendang minta putus dari kamu. Putusin aja!!!! Setelah mendidih lalu masukkan gula palem, garam, dan kaldu duduk. Masak dengan panas api sedang hingga santan sedikit menyusut dan daging mulai empuk.

rendang07
Kecilkan api lalu masukkan santan dengan konsentrasi kental hingga mendidih dan mulai menyusut. Setelah itu… ini nih tahap paling bikin hayati lelaaaaahhh.. diaduk sampai kuah masakan mejadi kental, mengeluarkan minyak, dan warnanya berubah menjadi kecoklatan dan gelap. Jangan meleng!!!!! meleng sedikit, alias ga diaduk, bisa-bisa bagian bawahnya gosong. Mending kalo ngaduknya 10 menit atau bentar… bisa sejam lebih CCCOOOYYYYYYYYYY!!!! kuat ga lo??? makanya kita berikan standing applause buat semua ibu-ibu di rumah yang bikin rendang pada saat hari raya!!!


Rendang sapi siap disajikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s