Sup Ikan Tuna

Jadi ceritanya abis jumatan kemaren random aja beli ikan tuna di open market. Ikannya gueddee banget dan agak mahal sih 10 Euro 1kg. Tapi berhubung udah lama ga makan ikan ya ndak ada salah sekali-kali. Eh tapi ternyata segede gitu ga sampe 1 kg loh. Aku hampir terkecoh dengan ukurannya yang tak kira bisa 2-3 kg. Ikan tuna bisa banyak dibuat macem-macem. Kadang kalau rajin bisa dibuat siomay atau pempek lha. Itu kan kalo rajin, klo males biasanya dikasih ke kucing aja.

Dagingnya yang berwarna merah itu mengandung protein tinggi dengan lemak yang nyaris nol. Jadi cocok banget buat yang sedang diet atau yang sok-sokan diet kayak gw. Akhirnya saya puter otak mau bikin apa dengan bumbu random juga seadanya di kulkas jadi terpikirkanlaaaah bikin Sup Ikan Tuna. Hehehehe… baru kali ini Ikan Tuna ta bikin buat sup, biasanya kan ikan air tawar macam ikan mas, gurame, atau patin patin foyaaa.
Bahan Utama
1 ekor ikan tuna (1 kg)

supikantuna01

Bumbu yang dihaluskan
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 sendok teh terasi

supikantuna03

Bumbu yang digeprek
2 ruas jari lengkuas
2 ruas jari jahe

Bumbu yang dipotong
5 cabai rawit merah
1 batang serai

Bumbu Lainnya
air asam jawa
daun kemangi

 

supikantuna02

 

Cara membuat

  • Cuci bersih ikan! Jangan pake sabun ya coyyy apalagi dimasukin mesin cuci.. cukup dibilas dengan air dan bersihkan isi perutnya. Buang dan campakkan isi perutnya!!! Dia pahit dan tidak bisa setia soalnya!!! Selain itu, hilangkan bau amis ikan dengan merendamn jenazah ikan dalam air dan perasan jeruk nipis selama kurang lebih 30 menit. Istilahnya jenazah ikan kita mandikan dahulu. Setelah itu potong-potong ikan tuna.
  • Tumis dengan api kecil bumbu halus hingga harum lalu masukkan cabai rawit merah yang telah dipotong beserta lengkuas, jahe, dan serai. Inget ya api kecil, kalau apinya kegedean itu nanti jadi api cemburu loh #apasih
  • Masukkan air asam jawa setelah menumis bumbu-bumbu pada nomor 1 selama kurang lebih 1-2 menit, atau sampai feeling Anda mengatakan “inilah saatnya!”
  • masukkan air sebanyak 850ml hingga sedikit terasa hangat, sehangat cinta dan kasih sayang, karena akan digunakan untuk merebus ikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari daging ikan menjadi terlalu matang kalau kita masukin ikan dari awaaaallll banget. Jika merebus ikan dimulai dari air yang terlalu dingin, dikhawatirkan daging ikan akan sangat lunak dan mudah hancur. Masa depan orang aja bisa hancur, daging ikan apalagi?!?!?
  • Jika telah terasa hangat lalu masukkan ikan tuna yang telah dipotong-potong sampai matang dengan tanda air telah mendidih terlebih dahulu. Jangan sering mengaduk-ngaduk wajan karena daging ikan rentan rapuh jika sudah matang. Daging ikan itu kayak cewek, sensitif, mudah rapuh ketika dipatahkan! Maka berhati-hatilah! WASPADA! Lalu masukkan daun kemangi yang telah dicuci bersih ke dalam masakan sekitar 1 menit menjelang dimatikannya api.
  • Sajikan dengan mangkok… taddaaaa seperti gambar di bawah

 

supikantuna04

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s